Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Hari Tangani 2 Aduan Ular Masuk Rumah

  • Oleh Magang 2
  • 11 Juni 2021 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur (Kotim) tak hanya menangani kebakaran semata. Namun juga penyelamatan berupa gangguan satwa liar seperti ular masuk rumah. Dalam sehari Disdamkarmat Kotim bisa menangani dua aduan ular masuk rumah.

”Dalam satu hari kami bisa menerima dua aduan kasus ular masuk rumah,” ungkap Kepala Disdamkarmat Kotim, Rihel,  Jumat, 11 Juni 2021.

Dua insiden ular masuk rumah itu di antaranya terjadi di Jalan Wengga Metropolitan, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, dan di Jalan Manggis 2, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

“Kasus di Jalan Wengga itu, ular masuk dalam kamar mandi, dua ekor ular jenis tanunung diamankan. Sedangkan di Jalan Manggis 2 itu ular masuk rumah ditemukan sekitar tabung gas, yakni ular jenis tali picis atau biasa disebut warga ular lidi,” bebernya.

Rihel menambahkan masyarakat perlu mengetahui bahwa Disdamkarmat  hanya melakukan pemadaman api pada saat terjadi kebakaran. Tapi juga menolong dan menyalamatkan masyarakat dari berbagai permasalahan seperti ular masuk rumah, melepaskan jari warga yang terjepit cicin, dan lain-lainnya.

Hal ini disampaikan Rihel lantaran selama ini masyarakat belum banyak yang tahu tugas pokok lain yang dimiliki Disdamkarmat. Ketika terjadi masalah seperti evakuasi hewan peliharaan, masyarakat terkadang masih bingung mau meminta tolong ke siapa.

“Layanan pemadaman, penyelamatan dan evakuasi oleh kami tidak dipungut biaya. Kami berserta personel dengan perlengkapan yang dimiliki siap membantu,” ujarnya.

Di luar peristiwa kebakaran, sejumlah kasus sudah ditangani oleh Disdamkarmat Kotim. Di antaranya seperti mengusir tawon dari rumah warga, melepaskan cincin, dan gangguan satwa liar.

Khusus gangguan satwa liar berupa ular maupun hewan melata berbahaya lainnya, Disdamkarmar juga bekerja sama dengan salah komunitas reptil di Kota Sampit. (MAGANG 2/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru