Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Dipilihnya Udang Vaname untuk Shirmp Estate Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 Juni 2021 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislukan) menilai udang vaname lebih potensial untuk dikembangkan di shirmp estate atau perkebunan udang Kalteng.

Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah menyampaikan komoditas vaname dipilih karena hasil dari berbagai pertimbangan seperti salah satunya adalah faktor alam.

"Udang Vaname memang dari sisi alam (Kalteng) memungkinkan untuk dikembangkan," kata Darliasjah saat di kantornya.

Data hasil analisis teknis menunjukan untuk pengembangan komoditas vaname menunjukan untuk pengembangan di kawasan pesisir Kalteng sebagian besar memadai untuk pengembangan.

Beberapa wilayah hanya perlu penyesuaian keasaman atau pH yang dapat diatasi dengan pengapuran, serta peningkatan kadar oksigen air yang dapat dinaikan dengan menggunkan kicir air. 

Kemudian selain alam, permintaan pasar terkait udang vaname juga dinilai cukup bagus. Hasil produksinya diterima di pasar lokal maupun mancanegara.

"Dari sisi pasar juga bagus. Harga jual juga berkompetisi. Jadi tidak perlu khawatir waktu hasil melimpah harga turun," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru