Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Imbau Warganya Tak Bakar Hutan dan Lahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Juni 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas mengimbau kepada warganya agar tidak membakar hutan dan lahan memasuki musim kemarau tahun ini.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini saat mengjadiri bincang pagi bersama Bupati Katingan dengan pelaku usaha di Kebun Raya Katingan, Jumat, 11 Juni 2021.

"Terkait kebakaran hutan dan lahan, kita mengimbau semua masyarakat di Katingan tetap menjaga lahan masing-masing agar tidak terjadi lagi karhutla," ujar Bupati Katingan Sakariyas.

Menurutnya, sejauh ini daerahnya dinilai rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan itu.

Pasalnya, sebagian daerahnya terdiri dari tanah bergambut, sehingga saat terjadi kemarau atau lama tidak hujan maka wilayah itu sangat rawan terjadinya karhutla.

"Karhutla ini jaminannya luar biasa, saya bersama pak Kklapores beberapa waktu lalu menghadiri acara di Istana Negara, bapak Presiden mengatakan jaminannya menteri, kapolda, kapolres, pangdam, danrem bisa dicopot dari jabatannya gara-gara karhutla ini," ungkapnya.

Jadi, tutur Sakariyas jangan heran jika polisi tegas menindak kebakaran hutan dan lahan ini, karena memang jaminannya mereka ini akan dicopot kalau tidak melaksanakan itu. "Yang agak menang sedikit adalah kepala daerah, karena tidak doberhentikan oleh Presiden," kata Sakariyas sambil tersenyum.

Sakariyas mengaku saat ini di daerahnya masih tergolong aman dari kebakaran hutan dan lahan itu. 

Sebab, curah hujan sejauh ini masih tergolong tinggi.

Namun demikian berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng bahwa musim kemarau tahun ini bakal dimulai bulan Juni 2021 ini. "Jadi kita tetap harus waspada terkait musim kemarau ini yang dapat menyebabkan karhutla. Untuk itu semua pihak harus tetap menjaga lingkungannya masing-masing agar tidak terjadi karhutla ini," imbuh Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru