Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Sosialisasi Penulisan Ijazah ke Madrasah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juni 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas melalui Seksi Pendidikan Madrasah telah mensosialiasikan penulisan ijazah ke madrasah-madrasah di lingkungan Kemenag setempat.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuaa, Sajarwan mengatakan sosialisasi diberikan karena harus sesuai dengan petunjuk teknis standarisasi dalam penulisan ijazah bagi Raudatul Atfhal (RA), Madrasah Ibtidaiah (MI) Madarsah Tsanawiah (MTs), dan Madarsah Aliah (MA).

“Madrasah dengan Kemenag Kapuas harus bersinergi untuk mengemban amanah, karena kita mempunyai tanggungjawab bersama untuk memastikan bahwa output  dari  Madrasah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Sajarwan, Jumat, 11 Juni 2021.

Dia menuturkan tujuan diadakan sosialisasi penulisan ijazah untuk memberikan pemahaman supaya hasil penulisan ijazah benar dan valid. Karena ijazah merupakan dokumen resmi negara yang bisa berakibat fatal apabila terjadi kesalahan dalam penulisan.

“Ijazah merupakan bagian dari data yang mempunyai implikasi data yang nantinya bisa dijadikan dasar bagi seseorang untuk mendapatkan hak-haknya atas perolehan prestasi belajar dan kelulusan," ucapnya.

Serta Ijazah juga, lanjut dia merupakan surat pernyataan resmi dan sah yang menyatakan bahwa seorang peserta didik telah lulus pada satuan pendidikan yang merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan.

Sajarwan berpesan Juknis penulisan blangko Ijazah Madrasah sesuai SK Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021 yang sudah ditentukan oleh kementerian Agama dan disosialisasikan ini agar dipahami dengan sesungguh-sungguhnya agar tidak terjadi kekeliruan.

"Memberikan pemahaman dalam hal penulisan ijazah sangat perlu dilakukan, karena dikhawatirkan kalau-kalau terjadi kesalahan atau tidak sesuai dengan petunjuk teknis yang sudah dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru