Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfosantik Kalteng Terima 8 Juta Lebih Serangan Siber Selama Januari-April 2021

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 Juni 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) tercatat menerima sekitar 8 juta lebih serangan siber pada kuartal awal antara Januari sampai April 2021.

“Kami menerima serangan siber sekitar 8 juta kali dalam rentan Januari sampai April 2021. Penyerangnya berasal dari berbagai negara,” tutur Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi.

Agus menilai jumlah serangan tersebut cukup tinggi jika dibandingkan tahun lalu. Jumlah serangan selama tahun 2020 hampir sama dengan kuartal awal 2021.

Ia mengatakan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan sistem yang dimiliki Doskominfosantik Kalteng masih cukup mampu menghalau berbagai serangan tersebut.

“Sementara peralatan yang ada mampu, tapi kita harus kuatkan kemampuan yang ada ini. Sementara ini pegawai kerja shift pelototin layar,” sebut Agus.

Data honeynet pada Diskominfo Kalteng menunjukan dari serangan siber sebanyak 8.832.339 tersebut sebanyak 8.446 merupakan serangan malware. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru