Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Dinilai Potensial untuk Pengembangan Budi Daya Kepiting

  • Oleh ANTARA
  • 12 Juni 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, meminta pemerintah kabupaten (pemkab) agar bisa membantu para nelayan mengembangkan budi daya kepiting karena dinilai sangat menjanjikan keuntungan dan nilai ekonominya tinggi.

“Budi daya kepiting ini sangat menjanjikan karena banyak diminati masyarakat dalam maupun luar daerah, sehingga untuk pemasaran juga terbilang mudah,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurutnya, Seruyan merupakan daerah yang kaya akan hasil laut mulai dari ikan, udang, cumi, hingga kepiting. Kepiting asal Kuala Pembuang, menjadi salah satu komoditas yang sering dicari konsumen lokal maupun untuk dikirim ke beberapa daerah lain.

Untuk itu dirinya meminta agar Pemkab Seruyan bisa mencarikan terobosan baru terkait budi daya kepiting, sehingga nelayan akan lebih mudah mengembangkannya dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

Menurutnya, selama ini pasokan kepiting di Seruyan sebagian besar berasal dari para nelayan yang menangkap langsung di areal tambak pesisir laut dan bukan berasal dari kepiting budi daya.

"Maka dari itu, potensi daerah itu harus benar-benar kita manfaatkan,” ungkapnya.

Setiap minggu, kata dia, permintaan kepiting di luar daerah cukup banyak. Atas faktor itulah, ia mengimbau kepada instansi terkait agar mencarikan solusi pengembangan budi daya kepiting tersebut.

Ia mengatakan jika pengelolaan budi daya kepiting berjalan maksimal, tentu akan sangat membantu masyarakat. Selain itu, kata dia, adanya budi daya kepiting akan mencegah terjadinya kelangkaan sehingga bisa terus lestari.

“Makanya saya rasa pelestarian kepiting ini sangat diperlukan, untuk mencegah terjadinya penurunan bahkan kelangkaan populasi tersebut," ungkapnya.

ANTARA

Berita Terbaru