Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sertijab Kapolres Pulang Pisau, Ini Profil AKBP Kurniawan Hartono

  • Oleh Denny Saputra Octora Jaya
  • 12 Juni 2021 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepolisian Resort (Polres) Pulang Pisau menggelar serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres yang lama AKBP Yuniar Ariefianto kepada Kapolres baru AKBP Kurniawan Hartono, Sabtu, 12 Juni 2021 di halaman Mako Polres setempat.

AKBP Kurniawan Hartono SIK adalah Kapolres Pulang Pisau yang baru. Sebelumnya dia menjabat Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dia termasuk dalam daftar 71 Kapolres yang mendapat penugasan baru dari Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo baru baru ini.

Sehari sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, MHum MSi mememimpin langsung jalannya serah terima jabatan kapolres Pulang Pisau yang dihadiri Irwasda Kombes Pol Iman Prijantoro SH serta pejabat utama Polda Kalteng bertempat di Aula Arya Dharma, Mapolda Kalteng, Jumat, 11 Juni 2021.

Kapolres yang bergeser dari jabatannya itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1129/VI/KEP./2021, 1 Juni 2021 lalu yaitu, Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto, S.H., S.I.K., M.H. dimutasikan sebagai Kapolres Kendal Polda Jateng dan posisinya digantikan oleh AKBP Kurniawan Hartono SIK.

Saat berpangkat Kompol, Kurniawan Hartono pernah menjabat Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok,, Jakarta Utara pada tahun 2019. Selama bertugas sebagai perwira kepolisian, cukup banyak prestasi yang diraihnya dan sederet pelatihan yang diikutinya.

Di tahun 2016 silam, Kurniawan Hartono pernah menjabat Pamen Polda Riau yang sedang mengikuti Sekolah Staf Pimpinan Polri Ta. 2016 di Lemdikpol.

Together Into the Future of Policing in Asia, merupakan tema dari Police Academy Student Festival in Asia (PASFA), yang dilangsungkan di Korea Selatan. Tercatat ada delapan negara ikut serta mengutus perwakilannya ke sana, Together Into the Future of Policing in Asia, merupakan tema dari Police Academy Student Festival in Asia (PASFA), yang dilangsungkan di Korea Selatan. Tercatat ada delapan negara ikut serta mengutus perwakilannya ke sana,

Termasuk salah satunya Indonesia. Di antaranya Cina: People's Public Security University of China, Malaysia: University of Malaya, Thailand: Royal Police Cadet Academy dan Vietnam: People's Police Academy. Selain itu ada juga dari Negara Laos: People's Police Academy, Cambodia: Police Academy of Cambodia, Filipina: Philippine National Police Academy dan Korea: Korean National Police University (KNPU). Jika ditotal, ada 50 perwakilan dari negara-negara tersebut.

Ada empat orang anggota Polri yang dikirim ke Negeri Gingseng ini, di antaranya Kompol Kurniawan Hartono, SIK dan tiga anggota Polri lainnya, AKBP Leonard M Sinambela mewakili Lemdik Sespim Polri, Kompol Yayan Koko mewakili S-2 PTIK dan AKP Ricky Boy mewakili PTIK, jauh-jauh terbang ke Korea Selatan untuk berbagi ilmu kepolisian dengan sesama negara lainnya di Asia.

"Kita ke sana untuk menjalin kerjasama yang erat di institusi pendidikan kepolisian, sehingga dapat bersama-sama membangun kepolisian di Asia yang lebih profesional dan modern, serta menghormati kemanusiaan," ungkap Kurniawan Hartono yang juga pernah menjabat sebagai Korspripim Polda Riau. (DENNY/B-5)

Berita Terbaru