Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kobar Sarankan Normalisasi Sungai Jayau untuk Antisipasi Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juni 2021 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPRD Kotawaringin Barat, Mina Irawati Ahmadi Riansyah meminta pemerintah melakukan normalisasi Sungai Jayau di Kelurahan Kumai Hilir. Pasalnya, kelurahan itu kerap dilanda banjir saat musim hujan.

Hal itu berdasarkan hasil pengamatannya saat reses bersama anggota DPRD Kobar dari Dapil IV. Mereka meninjau jembatan dan aliran Sungai Jayau di Kelurahan Kumai Hilir.

"Sungai Jayau perlu dinormalisasi agar aliran sungai lancar dan tidak terjadi banjir lagi. Hampir setiap tahun, Kelurahan Kumai Hilir jadi langganan banjir," kata Mina Irawati, Minggu, 13 Juni 2021.

Dia mengatakan, di sebelah Kantor Kelurahan Kumai Hilir ada aliran  Sungai Panggung dan Sungai Asap. Dan dua sungai tersebut bermuara ke Sungai Jayau. Dengan debit air yang tinggi saat hujan, Sungai Jayau ini tidak mampu menampung air dan terjadilah banjir.

"Ini perlu mendapatkan perhatian pemerintah daerah, karena bila air laut pasang dan musim hujan, airnya meluap hingga menggenangi pemukiman warga," kata Mina. 

Dia juga mengharapkan warga yang berada di bantaran Sungai agar memperhatikan kebersihan serta tidak mendirikan bangunan yang menyebabkan aliran sungai terhambat. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru