Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Barat akan Gelar Festival 'Menyandau' Durian

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juni 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki tradisi unik saat musim durian tiba yaitu tradisi ‘Menyandau’. Menyandau atau nyandau merupakan sebutan untuk kegiatan menunggu durian jatuh. Biasanya dilakukan pada malam hari dengan cara membuat pondok di sekitar pohon durian.

Dalam rangka melestarikan tradisi kearifan lokal khususnya bagi masyarakat Kecamatan Arut Utara tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar dalam waktu dekat bakal menggelar festival ‘Menyandau’ Durian.

"Ini merupakan salah satu upaya kita untuk mempromosikan wisata alam dan budaya," kata Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah.

Dia menambahkan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka penyelenggaraan tradisi Menyandau tersebut akan dilakukan secara terbatas dengan tetap melibatkan masyarakat.

"Untuk pelaksanaannya tentu terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Nurhidayah.

Kendati demikian, pemkab belum memutuskan lokasi festival tahun 2021 ini. Seperti diketahui, festival ini terakhir dilakukan pada 2019 lalu di Kawasan Bukit Balang, Desa Panahan, Kecamatan Arut Utara. (DANANG/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru