Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua III Kalteng Belajar Strategi Bangkitkan Ekonomi Pariwisata ke Bali

  • Oleh Rokim
  • 13 Juni 2021 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh memimpin rombongan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali pekan lalu.

Kunker ini dalam rangka melihat sekaligus mengetahui strategi yang dilakukan Provinsi Bali guna membangkitkan industri pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Sebab akibat pandemi virus korona selama 2 tahun terakhir ini membuat lumpuh semua kegiatan pariwisata di seluruh Indonesia bahkan dunia, termasuk di Kalimantan Tengah. 

Namun belakangan ini giat pariwisata mulai bergerak berlahan seiring dengan pemberlakuan new normal walau tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Farida mengatakan dalam Kunker ini rombongan DPRD Kalteng diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar. Dalam kesempatan ini pihaknya mendengarkan paparan strategi upaya membangkitkan kembali pariwisata yang sempat mati dan bagaimana upaya keras bertahan saat pandemi Covid-19 melanda saat ini. 

"Saat ini Pemprov Bali sedang mempersiapan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali yang dilaksanakan 12 Juni sampai 10 Juli 2021," tutur Faridawaty, Minggu 13 Juni 2021

"Rencananya Pesta Kesenian Bali ini akan dibuka oleh presiden secara virtual," ungkap wakil rakyat dai dapil Kalteng I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas ini. 

Diungkapkannya strategi yang dilakukan Pemprov Bali yang bisa diambil contoh adalah mempersiapkan objek wisata yang fasilitas protokol kesehatannya telah siap. Lalu memberlakukan daya tampung maksimum 50 persen dari kapasitas normal.

Lainnya memberlakukan pengaturan jam buka dan memberlakukan ketat protokol kesehatan. Kemudian Pemda melakukan survey, monitoring, dan evaluasi terhadap objek wisata yang dibuka dan bila melakukan pelanggaran, maka pemda dengan tegas menutup kembali objek wisata tersebut.

Kemudian bekerja sama dengan lembaga perbankan memberikan bantuan kepada UMKM dan pelaku usaha di kawasan objek wisata. Dikatakan Farida, seperti halnya pariwisata di daerah lain, pariwisata di Kalteng juga sempat mati suri karena Covid-19 dan diharapkan agar berlahan-lahan mulai hidup kembali.

Berita Terbaru