Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Masih Berpotensi Turun di Musim Kemarau Tahun ini

  • Oleh Nopri
  • 14 Juni 2021 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih akan terjadi di sejumlah kabupaten dan kota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat musim kemarau tahun ini.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Metrologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya, Rahmat Alfandy menyebutkan, bahwa pada musim kemarau tahun 2021 ini di sebagian besar wilayah Kalteng bersifat normal.

"Untuk kondisi musim kemarau tahun ini diperkirakan normal. Tidak ada El Nino (kering) atau La Nina (basah). Ini terjadi setidaknya sampai bulan Oktober nanti," katanya, Minggu, 13 Juni 2021.

Dia mengatakan, curah hujan pada juni 2021 berada pada kategori rendah dengan intensitas rendah hingga sedang. Sifat hujan pada Juni 2021 Dasarian II sebagian besar masih berada pada kategori normal.

"Sedangkan pada Dasarian III yaitu di tanggal 21-30 Juni 2021, memiliki sifat hujan atas normal atau rata-rata berada pada 116 hingga 150 persen," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data BMKG, Kalteng akan memasuki puncak musim kemarau pada Agustus dan akan mulai memasuki musim hujan sekitar bulan Oktober 2021. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru