Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Necessary Condition Dapat Bantu Perbaikan Ekonomi Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Juni 2021 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa ekonomi Kalimantan Tengah ke depan diprakirakan membaik, dengan tetap menerapkan necessary condition yaitu vaksinasi dan protokol kesehatan yang disiplin serta bersinergi dalam menjalankan lima strategi respons kebijakan yang menjadi sufficient condition.

"Kelima strategi respon kebijakan ini antara lain pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan stimulus fiskal atau realisasi anggaran, peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran, stimulus moneter dan kebijakan makroprudensial, dan digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM," kata Rihando pada Senin, 14 Juni 2021.

Sehingga dalam rangka mewujudkan pemulihan ekonomi Provinsi Kalimantan Tengah kedepan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menurut Rihando juga mendorong berbagai upaya dapat dilakukan.

"Salah satunya optimalisasi percepatan realisasi APBD dalam rangka mendorong terciptanya multiplier effect bagi pembangunan daerah," kata Rihando lagi.

Realisasi belanja yang segera, tepat waktu dan tepat sasaran menurutnya menjadi tulang punggung perekonomian daerah sekaligus trigger bagi kegiatan pembangunan berkelanjutan.

"Pemerintah daerah perlu melakukan pengawasan yang ketat terhadap realisasi anggaran belanja dengan prioritas, yang dapat memberikan multiplier effect baik bagi konsumsi pemerintah maupun masyarakat," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru