Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Bina Kelompok Wanita Tani Wujudkan Pengembangan Hortikultura

  • Oleh Hendri
  • 14 Juni 2021 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya Renson mengatakan sebagai bentuk dorongan pengembangan tanaman hortikultura pihaknya terus membina Kelompok Wanita Tani (KWT).

Melalui KWT ini para anggota kelompok diberikan pembekalan dan pendampingan mulai dari cara bercocok tanam tanaman hortikultura sampai ke manajemen pengelolaan kelompok.

Selain itu dalam memulai kegiatannya kelompok wanita tani juga mendapat bantuan modal senilai Rp 60 juta yang digunakan untuk pemenuhan bibit, sarana tanam, pembuatan demplot, peralatan pertanian, pupuk hingga perlengkapan penunjang operasional kelompok.

"Awalnya semua program diprioritaskan untuk kesejahteraan anggota. Namun, saat kebutuhan anggota dinilai cukup, hasilnya baik sayuran yang dipanen maupun bibit sayuran juga dijual untuk warga di luar anggota KWT," katanya,  Senin 14 Juni 2021.

Ia mengungkapkan di lokasi KWT Cinta Permai di Jalan Kenangan 2, Kelurahan Menteng, Palangka Raya, pekarangan setiap rumah anggota telah ditanami berbagai jenis sayuran menggunakan media tanam polybag.

"Sementara di lokasi demplot ada rumah pembibitan yang dikelilingi berbagai sayuran, bahkan beberapa di antaranya sudah beberapa kali di panen," jelasnya.

Berbagai jenis tanaman hortikultura itu terdiri dari cabai, tomat, sawi, seledri, daun bawang, terong ungu, terong hijau, labu hijau, labu kuning, pepaya, singkong, kembang kol, serai dan lain sebagainya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru