Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Dekranasda Kalteng: Kain Batik Tidak Hanya Dibuat untuk Busana dan Aksesoris

  • Oleh Nopri
  • 14 Juni 2021 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menyampaikan penggunaan kain batik saat ini tidak hanya diaplikasikan dalam busana dan aksesoris namun bisa juga digunakan sebagai dekorasi.

"Saat ini kita ingin mencoba berinovasi agar kain batik khas kalteng juga bisa digunakan untuk dekorasi rumah seperti table runner, placemat, coaster, cushion cover dan lain-lain," katanya, Senin 14 Juni 2021.

Untuk itu, pengembangan usaha-usaha maupun produk-produk kain batik khas Kalteng ini akan tetap menjadi prioritas dari Dekranasda Kalteng bersama dengan pemerintah daerah.

"Kita akan terus bekerja sama dengan pemda setempat, dan kami berencana memperbanyak kegiatan pelatihan terkait batik, dengan mendatangkan narasumber ternama dan berkompeten pada bidang tersebut," ujarnya.

Selain itu, dirinya berharap melalui inovasi-inovasi seperti ini dapat melestarikan serta meningkatkan kecintaan masyarakat khusunya generasi milenial terhadap batik khas Kalteng.

"Kita patut bangga dan kagum pada banyaknya kreativitas dari pasar lokal yang giat memanfaatkan peluang batik untuk semakin dikenal dunia," tuturnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru