Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Dukungan Semua Pihak Kembangkan Sektor Pariwisata Pulang Pisau

  • Oleh Asprianta
  • 15 Juni 2021 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau Bakhzar Efendi (14/6/2021) mengungkapkan bahwa pengembangan sektor kepariwisataan perlu adanya dukungan dari semua pihak agar berbagai program yang dilaksanakan dapat berkelanjutan dalam mengangkat potensi wisata dan bisa memberikan asas manfaat bagi pelaku usaha dan masyarakat yang mendorong sektor pariwisata tersebut.

Dikatakan Bakhzar dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya, Disbudpar selalu mengedepankan ketentuan regulasi yang ada, dan tidak mungkin keluar dari koridor tersebut.

"Kegiatan pengembangan budaya dan pariwisata, pada intinya harus memberikan efek nilai ekonomi yang berujung pada kesejahteraan di masyarakat," katanya.

Bakhzar yang dilantik belum lama ini menjelaskan dalam pengembangan budaya dan pariwisata di kabupaten setempat, tentunya harus ada dukungan, bantuan, arahan, serta saran pendapat dari semua pihak, khususnya juga terutama rekan media yang mengerti dan faham terhadap karateristik budaya masyarakat yang menjadi budaya  kearifan lokal di kabupaten setempat.

Menurut Bakhzar,  ada kewajiban moral yang harus dilakukan dan berkoordinasi dengan DPRD setempat sebagai mitra kerja dalam memberikan pelayanan pembangunan dan pemberdayaan pariwisata kepada masyarakat.

"Hal tersebut tidak dapat di abaikan, bahkan Disbudpar terus menjalin koordinasi dengan institusi lainnya," ucapnya.

Dirinya menaruh harapan besar bersama DPRD, untuk memastikan tujuan mengangkat sektor pariwisata ini dapat tercapai, baik dari aspek penganggaran, aspek pengawasan, serta aspek dalam pelaksanaan berbagai program.

Dengan adanya sinergitas dan dukungan dari DPRD  terkait dengan penganggaran, fasilitas, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bisa lebih ditingkatkan, sehingga dapat mengakomodir semua keinginan dan kepentingan masyarakat  setempat dalam mewujudkan pengembangan budaya dan pariwisata.

"Terkait dengan keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), adalah sebuah kelembagaan masyarakat yang juga sebagai pelaku kepariwisataan harus memiliki kepedulian dan menjadi motor pengerak dalam mendukung bagi tumbuh dan kembangnya kepariwisataan di wilayahnya masing-masing," ungkapnya.

Sebagai pelaku atau subyek dalam pengembangan kepariwisataan, kata Bakhzar,  Pokdarwis harus terlibat langsung secara aktif  dalam proses pengembangan pariwisata secara bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan. Baik itu dengan pemerintah kabupaten setempat maupun pihak swasta. (ang)


TAGS:

Berita Terbaru