Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemkab Kobar Periksa Hasil Pembangunan Program Konsorsium

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Juni 2021 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat menyarankan pemerintah daerah agar mengecek langsung dan mengevaluasi realisasi pembangunan infrastruktur jalan melalui program konsorsium di lapangan. Sebab hasilnya dilapangan dinilai asal - asalan dan hasilnya kurang maksimal.

Anggota Komisi C DPRD Kobar, Tuslam Amirudin mengatakan pemerintah harus segera turun ke lapangan, lantaran pihak perusahaan dinilai tidak komitmen seperti yang tertuang dalam MoU program konsorsium.

Pembangunan infrastruktur jalan melalui program konsorsium melalui dana CSR yang tujuannya untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat namun ternyata tidak seperti yang diharapkan.

"Kita tahu bersama jika program konsorsium ini sudah digagas sejak 2017 dan sebelum dimulainya pengerjaan pembangunan infrastruktur jalan yang di danai melalui konsorsium, pihak perusahaan dan Pemerintah daerah melakukan perjanjian MoU, di dalam perjanjjan itu ada kewajiban dari perusahaan yang harus di kerjakan, tetapi nyatanya perusahaan tidak komitmen," katanya, Rabu 16 Juni 2021.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional ini pihak perusahaan hanya menggarap pada lokasi yang juga dimanfaatkan untuk aktivitas perusahaan, tidak becusnya pengerjaan proyek jalan konsorsium dikeluhkan juga oleh Camat Arut Utara dan Camat Pangkalan Banteng, bahkan untuk memastikan kebenarannya, DPRD Kobar pun turun lamgsung guna mengcek data realisasi konsorsium di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama. 

"Setelah di lakukan pengecekan di lapangan, saat itu saya juga minta SKPD teknis seperti Dinas PUPR agar benar benar mengecek dan mengevaluasi realisasi konsorsium, dan bagi pihak perusahaan yang belum melaksanakan  sebgaaimana tertuang didalam MoU agar diberikan teguran," ungkapnya.

Tuslam menambahkan membangun infrastruktur jalan melalui program konsorsium merupakan wujud nyata  kontribusi perusahaan terhadap daerah dan masyarakat sekitar. Jangan  sampai perusahan hanya meraup keuntungan, tetapi dearah dan masyarakat sekitarnya hidup dalam kondisi yang memprihatinkan.

"Kita bisa belajar dari daerah lain, sebab di daerah lainnya  bentuk CSR lebih nyata dan benar benar bermanfaat bagi masyarakat, misalnya saja perusahaan A bantu membangun sarana kesehatan atau pendidikan, sementara perusahaan yang lainnya membantu membangun jalan ruas mana dengan volume  yang jelas," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru