Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Perusahaan Miliki Tanggung Jawab Pemeliharaan Jalan di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Juni 2021 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara telah membagi jalan yang akan dilakukan pemeliharaan oleh 4 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah melakukan penandtangana naskah kerja sama.

"Tahap rencana pelaksanaan pemeliharaan infrastruktur melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan atau CSR pada tahap pertama, disepakati dan dilaksanakan oleh empat perusahaan," kata Kepala Dinas PUPR-Perkim Sukamara, Muhammad Rizali, Rabu, 16 Juni 2021.

Setiap perusahaan telah memiliki tanggungjawab untuk melakukan pemeliharaan jalan, seperti PT Harapan Hibrida Kalbar Sungai - Bila Estate melakukan pemeliharaan pada Jalan Pangkalan Muntai-Sarang.

Kemudian pemeliharaan Jjlan Bangun Jaya-Natai Kondang dan Jalan Poros Jihing 3 KM dilaksanakan oleh PT Kalimantan Sawit Kusuma atau KSK. Pemeliharaan jalan poros Jihing dilaksanakan oleh PT Harapan Hibrida Kalbar Sungai Jelai Estate.

"Sementara pemeliharaan jalan Kartamulya dan jalan Riam Durian - Sukamara mulai pintu gerbang batas kabupaten sampai dengan bundaran Km 12 dilaksanakan oleh PT Sungai Rangit Sampoerna Agro," ujarnya.

Jalan yang perlu dilakukan pemeliharaan namun belum termasuk dalam penandatanganan naskah kerjasama pada tahap pertama akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak perusahaan yang akan melaksanakan pemeliharaan jalan.

"Untuk ruas Jalan Pangkalan Muntai-Sagu Kabupaten Kotawaringin Barat akan dilaksanakan oleh PT Harapan Sawit Lestari (Chargill Group) dan PT Palma Agro Indomandiri," tutupnya.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan kerja sama ini terlaksana karena banyaknya keluhan masyarakat terkait jalan rusak, sehingga untuk merespon kelihan tersebut dengan cepat, pihaknya melakukan kerjasama dengan pihak perkebunan.

"Terjadinya MoU ini, memang juga karena adanya laporan dari masyarakat terkait keluhan jalan yang rusak dan lain sebagainya," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru