Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Perlu Kuasai Pola Digitalisasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Juni 2021 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya, Fitria Husnatarina menilai digitalisasi sudah bukan menjadi hal yang bisa ditawar lagi untuk saat ini, termasuk bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun industri kecil dan menengah (IKM).

 “Digitalisasi menjadi platform paling awal yang harus dikuasai pelaku UMKM,” tutur Fitria, Rabu 16 Juni 2021.

Menurutnya, diversifikasi produk tidak akan optimal tanpa adanya digitalisasi. Pasalnya, melalui sistem digital secara daring, pelaku usaha dapat memberikan informasi.

Informasi tersebut bisa terkait nilai dari produk yang ditawarkan, sekaligus menambah pengetahuan sekaligus kepercayaan dari konsumen untuk membeli produk tersebut.

 “(Digital) sangat penting, dan tidak bisa dijadikan prioritas yang kesekian, menurut saya jauh lebih penting bagi UMKM untuk melek digital dulu dibanding ekspansi produk,” tuturnya.

Selain itu, menurut dia dengan digitalisasi maka pasar akan semakin luas. Karena sekarang ini konteks pasar sudah berubah tempat.

 “Jadi supaya bisa laku, mindset pemasaran juga harus dirubah. Digitalisasi itu bukan hanya proses, tapi juga menawarkan value dari produk ke pasar,” jelasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru