Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akademisi Harap Pemprov Kalteng Keluarkan Kebijakan Pro UMKM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Juni 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya, Fitria Husnatarina berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat mengeluarkan kebijakan yang pro UMKM.

“Pemprov Kalteng dapat mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap UMKM, dengan beragam kegiatan implementif terhadap kegiatan digital,” tutur Fitria, Rabu 16 Juni 2021.

Selain itu, pemerintah pun diharapkan turut terlibat dalam peningkatan kualitas produk dari UMKM. Pasalnya, UMKM Kalteng memiliki potensi ekspor yang luar biasa.

 Sayangnya, lanjut Fitria, dari data yang diperoleh pihaknya, kurang dari 15 persen UMKM di Kalteng yang dilibatkan dalam kegiatan ekspor di Kalteng.

 Hal itu, dinilai karena kualitas produk yang terbilang masih rendah, serta kurang mampunya UMKM menghasilkan jumlah produk dalam skala besar.

“Dalam konteks kedaerahan UMKM memang harus dilibatkan. Untuk itu, kehadiran pemerintah sangat diharapkan dalam mengangkat UMKM Kalteng menjadi lebih kuat baik dari kualitas maupun kuantitas produk,” ungkapnya.

 “Sehingga, persentasi dari kapasitas UMKM yang mampu berkontribusi dalam ekspor menjadi lebih besar. Upaya ini pun dapat dilakukan bersamaan dengan Go Digital tadi, sehingga pencapaian ekonomi yang ditargetkan dapat optimal,” tambahnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru