Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendapat Sekda Barito Utara Soal Laporan Keuangan Perusda

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juni 2021 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dalam rangka mengevaluasi kinerja Perusahaan Daerah Batara Membangun sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Barito Utara, Sekretaris Daerah, Ir H Jainal Abidin memimpin rapat dengan Bagian Ekonomi dan Perusahaan Daerah Batara Membangun.

Rapat membahas tentang laporan keuangan Perusda pada Triwulan 1 dan bulan Mei tahun 2021 dilaksanakan di ruang rapat Setda lantai II, Rabu 16 Juni 2021.

Menurut Direktur Utama Perusda, Drs Asianoor Alihazeki bahwa sampai dengan Mei 2021, laba yang diperoleh Perusda mengalami kenaikan dibanding bulan pada tahun sebelumnya.

Di antara sumber pendapatan Perusda adalah Assist boat, pengadaan bahan makan dan minum pasien rawat inap serta pengadaan pengisian tabung oksigen di RSUD Muara Teweh.

Sumber pendapatan lain yaitu dari SPBU, penjualan pelumas, LPG, perkebunan, perikanan, dan penjualan sembako di minimarket SPBU Perusda. “Untuk target RKAP Perusda Triwulan I periode Januari – Maret 2021 telah terpenuhi, bahkan diatas target yang ditetapkan,” jelasnya.

Dari tahun 2015 berturut-turut sampai dengan tahun 2021 Perusda telah menyetorkan PAD ke kas Daerah Barito Utara.  "Mohon doa serta masukan para pemangku kepentingan agar kinerja Perusda lebih meningkat sehingga dapat mendongkrak PAD bagi kemajuan pembangunan di Barito Utara," kata Asianoor.

Mengenai hal tersebut, Sekretaris Daerah, H Jainal Abidin berpendapat bahwa perkembangan laba yang diperoleh Perusda selaku BUMD Pemerintah Kabupaten Barito Utara sudah baik.

"Sesuai pesan dari Bupati bahwa target PAD kita semakin tahun semakin meningkat, mohon kiranya Perusda dapat memaksimalkan kinerja dalam upaya peningkatan PAD nantinya," pinta Jainal.

Selain itu, Sekda juga berpesan agar dalam pengelolaan keuangan, Perusda mentaati segala peraturan dan ketentuan yang berlaku. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru