Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jasa Raharja Edukasi Awak Kendaraan Umum Terkait Peraturan Lalu Lintas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Juni 2021 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jasa Raharja Cabang Kalteng memberikan edukasi kepada para awak kendaraan umum agar lebih memahami peraturan berlalu lintas. Itu disampaikan dalam kegiatan Diklat Abdiyasa Teladan di Palangka Raya pada Rabu, 16 Juni 2021. 

Diklat tersebut diikuti 19 orang dari awak kendaraan umum (pengemudi otobus) yang mewakili beberapa pengusaha angkutan di wilayah Kalteng. 

Kepala Jasa Rahajar Cabang Kalteng, M Iqbal Hasanuddin menyampaikan, dasar pemikiran menyelenggarakan Diklat itu yakni pengemudi atau supir merupakan salah satu komponen yang vital karena bisa jadi satu sopir membawa 50 orang (penumpang). 

"Diklat ini bertujuan untuk memberi edukasi dan kesadaran bagi para awak kendaraan umum agar memahami peraturan dalam berlalu lintas, sehingga tercipta kesadaran saat berkendara di jalan raya," katanya. 

Dia menuturkan, kasus kecelakaan di jalan raya dan korban yang ditimbulkan cukup tinggi. Tugas pemerintah, lanjut dia, adalah bagaimana menekan dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. 

Dia berharap, pengemudi otobus memahami aturan berkendara. Selain itu, dengan Diklat tersebut juga diharapkan dapat menambah wawasan, informasi, menjadi pelopor dalam berlalu lintas dan bisa membangun budaya maupun karakter pengemudi yang berkeselamatan.

Iqbal melanjutkan, para pengemudi harus taat, tertib dan disiplin berlalu lintas di jalan raya. Menurutnya, jika itu semua bisa dipenuhi, maka potensi terjadinya kecelakaan bisa ditekan bahkan dihindari.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Jasa Raharja terhadap angkutan umum yang ada di Kalteng. Kami bersinergi dengan Ditlantas Polda Kalteng, Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI Provinsi Kalteng,” tutur Iqbal.

Dalam kesempatan itu, masing-masing instansi memberikan materi kepada para pengemudi. Selain itu, juga diadakan pengecekan GeNose-19 gratis sebelum para peserta memasuki aula di mana acara berlangsung.

"Diklat ini diberikan kepada para pengemudi angkutan umum secara gratis. Intinya pengemudi harus tahu dan sadar bagaimana mengemudikan kendaraan yang baik dan berkeselamatan," tuturnya sembari mengingatkan bahwa menjaga ketertiban dan keamanan berlalu lintas menjadi tanggung jawab semua pengguna jalan. (BUDI/B-7)

Berita Terbaru