Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng: Optimalisasi Percepatan Realisasi APBD Bisa Dorong Pembangunan Daerah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juni 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa optimalisasi percepatan realisasi APBD akan bisa mendorong pembangunan daerah.

"Optimalisasi percepatan realisasi APBD harus dilakukan dalam rangka mendorong terciptanya multiplier effect bagi pembangunan daerah," katanya, Kamis, 17 Juni 2021.

Realisasi belanja yang segera, tepat waktu dan tepat sasaran menurut Rihando akan menjadi tulang punggung perekonomian daerah sekaligus trigger bagi kegiatan pembangunan berkelanjutan.

"Pemerintah daerah perlu melakukan monitoring dan pengawasan yang ketat terhadap realisasi anggaran belanja dengan prioritas yang dapat memberikan multiplier effect baik bagi konsumsi pemerintah maupun konsumsi masyarakat," terangnya.

Ekonomi Kalimantan Tengah ke depan pun menurut Rihando diperkirakan membaik, dengan tetap menerapkan necessary condition.

"Yaitu vaksinasi dan protokol kesehatan yang disiplin serta bersinergi dalam menjalankan lima strategi respons kebijakan yang menjadi sufficient condition," terangnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru