Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar Terbaik Program Konsorsium Tingkat Nasional

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Juni 2021 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyampaikan paparan program konsorsium dalam acara verifikasi usulan DAK bidang jalan tahun anggaran 2022 di Kantor Kementerian PUPR RI. Kobar tampil dalam Inovasi Terbaik Konsorsium tingkat nasional, Kamis 17 Juni 2021.

Kadis PUPR Kobar, Junni Gultom mengatakan program pembangun infrastruktur melalui program konsorsium, ternyata mendapatkan pengakuan dari Kementerian PUPR RI bahkan program konsorsium akan diadopsi dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

"Program yang telah kita laksanakan sejak 2017 membuka terisolasian wilayah dengan melibatkan perusahaan ternyata mendapatkan sambutan baik dari Kementerian PUPR RI dan Kobar tampil dalam Inovasi Terbaik Konsorsium Tingkat Nasional," ujarnya.

Juni mengungkapkan  kegiatan ini dihadiri beberapa kepala Dinas PUPR dari daerah lain di Indonesia. Menurutnya konsorsium merupakan inovasi yang akan menjadi sebuah gerakan daerah  membangun Indonesia dan Kobar sebagai daerah pencetus inovasi ini. 

"Gerakan membangun daerah untuk Indonesia di mulai dari wilayah bagian barat di Kalimantan Tengah akan menjadi gerakan yang akan di adopsi daerah lainnya di Indonesia, program konsorsium ini di nilai sangat baik, karena membangun bukan saja menjadi bagian tanggung jawab pemerintah saja, tapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh stakeholder," katanya.

Dia menjalaskan gerakan membangun daerah melalui program konsorsium di Kobar telah memasuki Jilid ke V, adapun rencana groundbreakingnya akan dilaksanakan 28 Juli 2021 di Desa Arga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng.

Hingga jilid IV pembangunan infrastruktur melalui konsorsium telah dikerjakan sepanjang 365 Km,  geliat membangun daerah ini sangat luar biasa, membuka akses jalan penghubung antar desa dan kota, sehingga semua akses terkoneksi.

"Ketika infrastruktur jalan terbangun dengan baik, maka dengan demikian akan mendongkrak percepatan pembangunan di bidang lainnya, termasuk ekonomi, karena infrastruktur ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru