Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adeksi Sarankan Alokasi DAK Harus Didukung Pemda dan DPRD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juni 2021 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya sekaligus Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Se-Indonesia atau Adeksi, Sigit K Yunianto dalam rapat dengar pendapat bersama dengan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara atau BAKN di Jakarta menyarankan agar alokasi Dana Alokasi Khusus atau DAK harus didukung Pemda dan DPRD dalam hal capacity building.

"Saya melalui Adeksi telah menyarankan agar dalam alokasi DAK harus didukung capacity building bagi Pemda dan DPRD, adanya kelembagaan multistakeholder dari hulu ke hilir," kata Sigit K Yunianto dalam rilis tertulisnya pada Kamis, 17 Juni 2021.

Pihaknya juga menyarankan agar pola pengelolaan swakelola perlu dievaluasi yang dibarengi dengan pembenahan regulasi dan pemberdayaan SDM. 

"Tidak lupa kita juga menegaskan bahwa diperlukan langkah digitalisasi sistem untuk menciptakan sistem yang akuntabel, transparan, terukur dan berkelanjutan," tegasnya.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini menuturkan bahwa di sinilah kepada BAKN, Adeksi mengusulkan agar ada kebijakan penguatan peran DPRD dalam pengelolaan DAK melalui pendekatan insentif dan disinsentif sebagaimana tri fungsi DPRD dalam legislasi, anggaran dan pengawasan DAK.

"Juga diharapkan ada kebijakan pendekatan yang lebih kepada pendekatan berbasis hasil, dan DAK berbasis proposal yang akuntabel yang berjangka menengah,” bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru