Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran Pembangunan Jembatan Jelai Capai Rp 6 Miliar Lebih

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Juni 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Anggaran yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk kelanjutan pembangunan Jembatan Jelai di Kabupaten Sukamara pada 2021 mencapai Rp 6 miliar lebih.

Sebelumnya, pembangunan jembatan penghubung antara Provinsi Kalimantan Tengah - Kalimantan Barat itu direncanakan sebesar Rp 10 miliar. Turunnya nilai anggaran itu karena adanya refocusing, dampak pandemi Covid-19. 

"Salah satunya, karena adanya refocusing sehingga anggaran untuk jembatan jelai ini ada pemotongan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR-Perkim) Sukamara, Muhammad Rizali, Jumat, 18 Juni 2021.

Menurutnya, meski anggaran yang disediakan sebesar Rp 6 miliar, pengerjaan pembuatan satu bentang jembatan untuk menuju ofrit jalan bisa selesai. Dengan begitu, jembatan nantinya bisa fungsional apabila jalan di wilayah Kalbar sudah tersambung.

"Ini sudah dihitung, pekerjaan akan dilakukan sampai selesai dengan dana segitu, kalau tidak salah untuk saat ini masih dalam tahap lelang," ujar Rizali.

Rizali menambahkan, Pemkab Sukamara juga menyediakan anggaran untuk Jembatan Jelai. Hanya saja, itu untuk kegiatan pemeliharaan seperti mengganti baut-baut yang sudah rusak atau lepas dan memperbaiki kerusakan lainnya.

"Kalau dari Sukamara anggaranya cukup untuk pemeliharan," tutup Muhammad Rizali. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru