Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inflasi Tetap Terkendali di Tengah Kenaikan Permintaan dalam Pola HBKN

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Juni 2021 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Yudo Herlambang mengatakan bahwa inflasi tetap terkendali di tengah kenaikan permintaan sesuai pola musiman Hari Besar Keagamaan Nasional atau HBKN.

"Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Mei 2021 tercatat 0,32% (mtm), meningkat dibandingkan dengan inflasi pada April 2021 sebesar 0,13% (mtm)," kata Yudo pada Jumat, 18 Juni 2021.

Inflasi IHK tersebut menurutnya lebih tinggi dari pola musiman HBKN tahun 2020 (0,07%, mtm), namun lebih rendah dari rerata historis lima tahun terakhir (0,52%, mtm).

"Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan inflasi IHK tercatat 1,68% (yoy), meningkat dari inflasi bulan sebelumnya (1,42%, yoy)," beber Yudo.

Perkembangan inflasi tersebut dipengaruhi oleh kenaikan inflasi inti sejalan dengan permintaan domestik yang membaik, di tengah stabilitas nilai tukar yang terjaga dan kebijakan Bank Indonesia yang konsisten mengarahkan ekspektasi inflasi pada kisaran target.

"Inflasi kelompok volatile food meningkat sejalan dengan permintaan musiman HBKN. Sementara itu, inflasi kelompok administered prices terkendali meskipun terjadi kenaikan tarif angkutan," katanya lagi.

Ke depan menurutnya Bank Indonesia tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah melalui Tim Pengendali Inflasi (TPI dan TPID), guna menjaga inflasi IHK sesuai kisaran targetnya, yakni 3,0%±1% pada 2021. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru