Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebutuhan Pangan Berdampak pada Volume Sampah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Juni 2021 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengatakan bahwa kebutuhan pangan berdampak pada volume sampah. Karenanya pada momen-momen hari besar keagamaan volume sampah juga meningkat karena perayaan-perayaan identik dengan penyuguhan makanan.

"Makanya seperti pada momen perayaan Idul Fitri kemarin kan banyak yang memprediksi akan terjadi peningkatan volume sampah di Kota Palangka Raya. Nah tugas kita adalah, kalau sudah tau prediksinya seperti itu maka bagaimana upaya pencegahannya," kata nenie pada Jumat, 18 Juni 2021.

Hal tersebut menurut Nenie bukanlah tanpa sebab, mengingat selama Ramadan hingga hari lebaran kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok, seperti makanan dan minuman yang berbahan plastik, kertas dan sebagainya sangatlah tinggi. 

"Memang kan tidak bisa dihindari pola konsumsi akan kebutuhan pangan sangat tinggi sehingga berdampak pada volume sampah yang tinggi pula. Seiring kondisi itu harus ada upaya antisipasi dini terhadap tingginya volume sampah," tuturnya lagi.

Terutama menurut Politisi PDI Perjuangan ini, untuk dilakukan oleh dinas terkait dalam melakukan penanganan pada titik-titik atau pusat keramaian masyarakat.

"Pasar atau tempat pembuangan sampah yang ada di lingkungan masyarakat harus terus dipantau dan langsung dilakukan penanganan agar sampah tidak menumpuk atau meluber," sarannya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru