Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Puskesmas di Pulang Pisau Sudah Layani Rawat Inap

  • Oleh Asprianta
  • 19 Juni 2021 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) terus berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tidak hanya bagi masyarakat perkotaan, namun juga masyarakat yang berada di perdesaan.

Untuk mendekatkan pelayanan kesehatan, Dinkes Kabupaten Pulang Pisau telah menyediakan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di seluruh kecamatan. “Puskesmas di Kecamatan sudah bisa memberi pelayanan kesehatan rawat inap,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo.

Ia mengungkapkan memang tidak seluruh Puskesmas di Pulpis telah memberikan layanan rawat ini, seperti puskesmas kota di wilayah kota Pulang Pisau dan Puskesmas di Tangkahen Kecamatan Banana Tingang.

“Puskesmas kota tidak memberi layanan rawat inap karena berdekatan dengan rumah sakit. Begitu juga Tangkahen, karena itu pasien rawat inap bisa dibawa ke Puskesmas Bawan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk puskesmas lainnya seperti Sebangau, Kahayan Kuala, Pandih Batu, Maliku, Tahai, Jabiren dan lainnya sudah memberi pelayanan rawat inap. “Jadi jika masyarakat memerlukan penanganan urgen, puskesmas setempat bisa melakukan penanganan,” tambah Mul.

Mul juga mengungkapkan, untuk tenaga kesehatan di puskesmas tidak ada kendala. Dalam satu puskesmas sudah ada satu sampai dua dokter. Untuk tenaga kesehatan rata-rata di atas 10 orang.

"Bahkan ada yang sampai 20 tenaga kesehatan. Jadi untuk tenaga kesehatan tidak ada masalah. Bahkan, lanjut dia, untuk apoteker juga ada," ucapnya.

Pihaknya berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. selain tenaga kesehatan yang mencukupi di Puskesmas, kami juga memastikan ketersediaan obat-obatan aman.

 Mul mengaku, seluruh Puskesmas juga telah dilengkapi dengan sarana fasilitas dan sara penunjang seperti ambulans.  “Sehingga jika penanganan pasien di Puskesmas mengalami kendala atau kekurangan fasilitas, maka bisa langsung dirujuk ke RSUD Pulang Pisau,” tutupnya. (ang)

Berita Terbaru