Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adeksi Sebut Pendekatan Penyerapan DAK di Daerah Belum Optimal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Se-Indonesia atau Adeksi, Sigit K Yunianto mengatakan bahwa belum optimalnya pendekatan disinsentif dan insentif dalam penyerapan Dana Alokasi Khusus atau DAK di Daerah turut dibahas dalam rapat dengar pendapat bersama dengan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara atau BAKN di Jakarta pada Kamis, 17 Juni 2021.

"Pusat selalu mengeluh tentang rendahnya daya serap belanja Daerah, termasuk DAK. Hal ini terjadi karena, salah satunya, adalah belum optimalnya pendekatan reward dan punishment terhadap Daerah," kata Sigit dalam rilis tertulisnya.

Faktanya, lanjut Sigit, petunjuk pelaksanaan atau Juklak ataupun petunjuk teknis atau Juknis antar Kementerian atau Lembaga berbeda.

"Lalu keterlambatan penerbitan Juklak-Juknis oleh Kementerian dan Lembaga ini juga fakta lapangan alasan rendahnya serapan DAK di tingkat daerah," beber Ketua DPRD Kota Palangka Raya.

Fakta lainnya, lanjut Sigit, perubahan Juklak-Juknis mendadak dan sepihak dari Kementerian dan Lembaga, terganggunya sistem IT atau Aplikasi di Kementerian dan Lembaga, serta terlambatnya tayang daftar katalog dan lain-lain dari Kementerian atau Lembaga.

"Hal tersebut berakibat pada tidak dimungkinkannya daerah melakukan penyesuaian bila terjadi perubahan teknis dan kondisi di lapangan. Bila hal tersebut terjadi konsekuensinya adalah pembatalan," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru