Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taiwan akan Sesuaikan Operasi Kantor Hong Kong di Baris "Satu China"

  • Oleh ANTARA
  • 20 Juni 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Taipei - Taiwan akan "menyesuaikan" operasi kantor perwakilannya di Hong Kong setelah pemerintah di sana menuntut para pejabatnya menandatangani dokumen yang mendukung klaim Beijing atas Taiwan di bawah kebijakan "satu China", kata pemerintah pulau itu pada Minggu.

Hong Kong yang dikuasai China telah menjadi rebutan lain antara Taipei dan Beijing, terutama setelah Taiwan mengecam undang-undang keamanan yang diberlakukan di Hong Kong oleh Beijing dan mulai menyambut warga Hong Kong untuk menetap di pulau itu.

Dewan Urusan Daratan Taiwan mengatakan bahwa sejak Juli 2018 pemerintah Hong Kong telah "berulang kali menetapkan kondisi politik yang tidak masuk akal untuk visa staf untuk kantor kami di Hong Kong, menuntut penandatanganan 'Surat Komitmen Satu China'".

Itu telah mencegah staf kantor untuk tinggal di sana atau mengambil posisi mereka, tambahnya.

"Mulai 21 Juni, kantor Hong Kong akan menyesuaikan metode penanganan bisnisnya," tambah dewan itu, tanpa memberikan rincian, meskipun mengatakan kantor akan mempertahankan "operasi yang diperlukan".

Staf Taiwan tidak akan menandatangani surat "satu China" seperti itu, tambahnya.

China melihat Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai bagian dari "satu China" dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.

Bulan lalu, Hong Kong menangguhkan operasi di kantor perwakilannya di Taiwan, menyalahkan campur tangan "kasar" Taipei dalam urusan internal, termasuk dengan tawarannya untuk membantu pengunjuk rasa "kekerasan", tuduhan yang ditolak Taiwan.

Pemerintah Makau mengikutinya pada Rabu, mengatakan akan menangguhkan operasi di kantor perwakilannya di Taiwan.

Sumber: Reuters/ANTARA

Berita Terbaru