Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Pasir Panjang Dicanangkan Jadi Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Juni 2021 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai komitmen untuk mendorong masyarakat Kotawaringin Barat bersih dari Narkoba dan menjaga nilai - nilai Pancasila, maka dicanangkanlah Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila Polres Kobar. Untuk di Kobar desa yang dicanangkan ialah Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan.

Pencanangan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di aula Kantor Desa Pasir Panjang dihadiri Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali, Asisten I Bupati Kobar, serta unsur Forkopimda Kobar, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Senin 21 Juni 2021.

AKBP Devy menyampaikan kejahatan narkotika merupakan kejahatan yang luar biasa dan menjadi musuh seluruh elemen bangsa Indonesia.

Di Kobar sendiri kasus narkoba juga masih saja terjadi dan ini sangat memprihatinkan. Masalah penegakan hukum tidak bisa serta dapat menghilangkan permasalahan narkoba.

Devy menyampaikan selain permasalahan tentang bahaya narkoba hal yang tidak kalah pentingnya dan harus menjadi perhatian adalah kemudian sikap-sikap Pancasila Masyarakat Indonesia.

Tentu Pancasila bukan hanya sekedar dasar negara yang di hafal dalam pikiran, tapi implementasi nilai-nilai Pancasila menjadi yang utama harus dilaksanakan, demi menjaga keutuhan NKRI. Jangan sampai generasi muda saat ini tidak memiliki semangat Pancasila dan bela negara.

"Salah satu upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila adalah berasal dari keluarga, lingkungan sekitar dan lembaga pendidikan, maka dari itu kita sebagai orang tua bertanggung jawab kepada anak-anak kita, agar paham dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah arus modernisasi dan beredarnya paham-paham radikal di sekitar kita," Tegas Kapolres.

Oleh sebab itu kapolres berharap warga Desa Pasir Panjang menjadi contoh bagi seluruh warga Kobar. Tentu perjuangan memerangi narkoba dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila tidak berhenti di sini, masih banyak upaya yang harus dijaga secara konsisten dan perlunya perhatian bersama untuk bertindak. Terutama kepedulian terhadap sesama harus selalu digelorakan, jangan bersikap tidak peduli dan egois terhadap lingkungan sekitar.

"Mari bersama - sama menjaga dan berupaya secara terus - menerus menggelorakan semangat anti narkoba dan semangat Pancasila, diharapkan pencanangan Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila di wilayah Polres kobar ini, bisa diteruskan ke desa lainnya, sehingga nanti secara keseluruhan warga Kobar akan menjadi warga yang tangguh dan anti narkoba dan warga yang Pancasila," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru