Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Awang Minta Warga Desa Apar Batu Dukung Investasi yang Masuk

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Juni 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Awang Kabupaten Barito Timur, Kandurung meminta masyarakat Desa Apar Batu mendukung kegiatan investasi yang masuk di desa setempat.

Permintaan ini disampaikan Kandurung saat menghadiri sosialisasi rencana aktivitas pertambangan yang akan dibuka kembali oleh PT Bangun Nusantara Jaya Makmur atau BNJM di Desa Apar Batu, Senin 21 Juni 2021.

Dia menilai, dengan masuknya investasi di desa akan berdampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan dan peningkatan perekonomian masyarakat Desa Apar Batu terutama saat pandemi covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat terpuruk.

"Investasi yang akan dilakukan oleh PT BNJM di Desa Apar Batu saya harap didukung sepenuhnya oleh masyarakat serta pemerintah," ujar kepada wartawan.

Namun ada beberapa yang patut disampaikan kepada PT BNJM sebelum melakukan kegiatan pertambangan seperti eksplorasi hingga eksploitasi.

"Yang pertama sosialisasi wajib dilakukan kepada masyarakat dan itu sudah dilakukan, masyarakat pada dasarnya mendukung," ungkap Kandurung.

Kedua, ketika PT BNJM beraktivitas di Desa Apar Batu, ada hal-hal yang harus dilakukan yaitu dampak dari eksplorasi hingga eksploitasi.   Hal tersebut, menurutnya telah dijawab dan disanggupi oleh manajemen PT BNJM sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Yang ketiga saya berharap bahwa eksplorasi sampai eksploitasi menggunakan tenaga kerja yang ada di Desa Apar Batu dengan menyesuaikan kebutuhan perusahaan dan keahlian masyarakat. Artinya di tengah pandemi covid-19 ini masyarakat diberikan kesempatan untuk membantu ekonomi mereka," ujarnya.

Kandurung juga meminta PT BNJM melindungi situs-situs bersejarah tempat keramat, adat istiadat termasuk potensi wisata alam di Desa Apar Batu.

"Semua rencana kita hari ini akan berjalan ketika didukung oleh seluruh elemen masyarakat apakah itu unsur adat, pemuda maupun tokoh masyarakat serta pemerintah," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru