Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Dekranasda Kalteng Pastikan Siap Fasilitasi UMKM Dapatkan Sertifikasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Juni 2021 - 05:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mengatakan Dekranasda sebagai kelembagaan siap bahkan sudah melaksanakan fasilitasi bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan sertifikasi.

"Dekranasda maupun Disdagperin, Dinas Koperasi dan UMKM memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan sertifikasi HAKI, sertifikasi halal, dan sertifikasi izin usaha secara gratis," kata Yulistra Ivo akhir pekan lalu.

Hal ini disampaikan Ivo Sugianto Sabran saat menghadiri langsung kegiatan Ngopi Preneur yang dilaksanakan oleh Klinik Bisnis pada Sabtu, 19 Juni 2021 malam.

"Selain itu OJK dan Bank Indonesia Perwakilan Kalteng pun siap memfasilitasi UMKM untuk bisa mendapatkan literasi keuangan. Barangkali ini bisa dimanfaatkan secara baik oleh UMKM," tutur Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng ini lagi.

Menurut Ivo, banyak yang yang bisa dilakukan. Karenanya kehadiran Klinik Bisnis yang memberikan pelatihan intensif, pendampingan, bahkan permodalan menurutnya akan sangat membantu kemajuan UMKM di Kalteng.

"Semoga kedepan kita bisa lebih bersinergi memajukan UMKM di Kalteng. Semoga ke depannya Klinik Bisnis semakin besar, makin banyak membina UMKM di Kalteng dan bisa menjadi pionir bagi platform serupa di Kalteng dan menjadi inspirasi bagi Provinsi lainnya," harapnya.

Selain Ketua Dekranasda, hadir pula dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat penting dan berpengaruh di Kalteng, dan tentu berpengaruh di bidang ekonomi Kalteng dan Kota Palangka Raya. Antara lain hadir Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Dandim Kolonel Inf. I Gede Putra Yasa, Kepala OJK Otto Fitriandy, Kepala BI Perwakilan Kalteng Rihando.

Selain itu para Kepala SOPD Provinsi Kalteng juga turut hadir sebagai undangan, juga mendampingi Ketua Dekranasda Kalteng sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, yakni ada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Ati Mulyati, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Aster Bonawati, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana atau DP3APPKB Provinsi Rian Tangkudung. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru