Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Minta Kades Ampari Perbaiki Tower Air yang Miring dan Bahayakan Warga

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Juni 2021 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Awang, Kabupaten Barito Timur, Kandurung meminta Kepala Desa Ampari segera memperbaiki tower atau air yang miring dan membahayakan warga yang melintas karena terletak di pinggir jalan.

"Ini sudah lama saya bilang kepada Kades Ampari agar cepat diatasi tower air yang miring tersebut, kades sempat meminta untuk dianggarkan rehabilitasi tower pada tahun 2021 ini namun saya tidak kabulkan karena pembangunan tower itu baru dilakukan tahun 2020," ungkapnya, Senin 21 Juni 2021.

Sesuai ketentuan atau aturan, paling cepat rehabilitasi boleh dilakukan setelah tiga tahun. "Saya sudah sarankan kepada Kades Ampari agar cepat diperbaiki, kalau memang tower itu tid k dapat digunakan karena hampir roboh lebih baik dibongkar saja sehingga tidak membahayakan masyarakat yang melintas dekat tower itu seandainya sewaktu-waktu roboh," tambahnya.

Kandurung menduga saat pembangunan tower berbahan kayu ulin tersebut penancapan tiang tower kurang dalam. Menurutnya idealnya pada tiang tower dibuatkan sepatu berbahan cor semen sehingga ketika tower tersebut dibebani tandon yang berisi air tidak amblas.

"Pembangunan tower dilakukan Pemdes Ampari sekaligus dengan pengadaan tandon air menggunakan dana desa atau DD tahun 2020, dengan jumlah tower dan tandon sebanyak 15 buah," jelasnya.

Penyediaan tower dan tandon yang dilengkapi dengan kran tersebut dimaksudkan agar masyarakat sekitar dapat mengambil air bersih dari tandon dengan sumber air dari Gunung Apar Batu.

"Saya minta agar tower tersebut segera diperbaiki serta tandon yang pecah karena terjatuh dari tower segera di belikan penggantinya," tegasnya.

Kepala Desa Ampari, Rismodo yang dimintai penjelasan terkait kondisi tower yang membahayakan warga tersebut, mengaku akan segera memperbaiki.

"Besok pak, kami itu besok ada gotong royong, jadi besok diperbaiki," jawab Rismodo singkat via sambungan telepon. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru