Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Upaya Pemkab Tangani Karhutla Sejak Dini

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juni 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Barat (Kobar) mengapresiasi dan mendukung pemerintah daerah Kobar, yang sejak dini telah mempersiapkan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dengan memperpanjang status siaga darurat Karhutla.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Kobar Irwan Budianur, bahwa Pemkab serius dalam menangani Karhutla. Sebagai contoh, menjelang menghadapi puncak musim kemarau, pihaknya sudah mempersiapkan upaya penanggulangan Karhutla.

"Ini merupakan langkah yang tepat, dimana sebelum memasuki musim kemarau dengan ancaman kebakaran hutan dan lahan, kita bersama - sama mencari solusi terbaik dalam penanganannya," kata Irwan Budianur saat dikonfirmasi didepan Kantor Bupati Kobar, Selasa, 22 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan Budianur mewakili Ketua DPRD Kobar, menghadiri undangan rapat koordinasi terkait perpanjangan status siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kobar tahun 2021, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Sekda Kobar Suyanto, juga diikuti oleh Dandim 1014 Pangkalan Bun, Danlanud Iskandar Pangkalan Bun, serta unsur instansi terkait.

"Diharapkan dengan dipersiapkannya perpanjangan status siaga darurat Karhutla di Kobar, pada saat kemarau nanti tidak ada kejadian Karhutla," ungkapnya.

Irwan menambahkan, bahwa penanganan Karhutla ini lebih baik mencegah dari pada menangani. Sebab, dalam penanganannya di lapangan, petugas selalu almai kesulitan. Untuk itu acara lebih digencarkan upaya pencegahan.

"Sebagian besar kasus Karhutla terjadi dititik yang susah ditangani oleh petugas di lapangan, karena berada didalam hutan. Untuk itu, pencegahan ini yang yang harus kita maksimalkan," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru