Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas: Musrenbang Momentum untuk Menyatukan Aspirasi

  • Oleh Magang 1
  • 23 Juni 2021 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas (Gumas), Jaya S Monong mengatakan musrenbang merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir dari berbagai unsur pelaku pembangunan, serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun pilihan yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral.

"Kita memiliki harapan yang besar demi tata kelola pemerintah yang profesional, bersih, dan akuntabel," ucap Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing pada Forum Musrenbang Perubahan RPJMD di Bappedalitbang, Rabu, 23 Juni 2021.

Karena besarnya harapan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna mendapatkan manfaat yang optimal bagi peningkatan pembangunan daerah.

Dia menjelaskan bahwa rencana anggaran belanja daerah harus diprioritaskan untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama dan Indikator Kinerja Kunci, pencapaian sinkronisasi prioritas pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Kita juga harus memperhatikan prioritas pembangunan Kabupaten Gumas, misalnya pembangunan sarana dan prasarana konektivitas atau keterkaitan wilayah," imbuhnya.

Selain itu, penyusunan perubahan RPJMD juga harus disinergikan dan diterjemahkan oleh Perubahan Rencana Strategis (Renstra), serta melakukan kembali penajaman analisa dan fokus terhadap tujuan dan sasaran, dengan suatu konsep pembangunan, yakni Smart Agro, Smart Human Resources, dan Smart Tourism. (MAGANG/B-11)

Berita Terbaru