Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK Dukung UMKM dengan Pemberdayaan Penjualan Digitalisasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Juni 2021 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa pihaknya selalu bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM, juga bekerja sama dengan berbagai asosiasi pelaku usaha termasuk Klinik Bisnis, untuk mendukung pemberdayaan penjualan secara digitalisasi oleh UMKM.

"Kita sering melakukan pertemuan untuk bertukar ide dan pendapat. Baik itu dengan Dinas Koperasi dan UMKM, berbagai asosiasi pelaku usaha, dan Klinik Bisnis," kata Otto pada Kamis, 24 Juni 2021.

Tetapi kalau untuk pelaku UMKM, lanjut Otto, sejak awal pandemi Covid-19 OJK bersama pemerintah sudah mengeluarkan berbagai kebijakan yang sifatnya membantu pelaku usaha, meringankan, terutama kaitannya dengan pembiayaan-pembiayaan yang sebelumnya sudah pernah diterima oleh masyarakat.

"Tentunya juga ada pembiayaan subsidi bunga, keringanan dalam masa pandemi Covid-19 ini adanya relaksasi pinjaman, restrukturisasi pinjaman sehingga mereka hanya cukup bayar bunganya saja tanpa harus membayar pokoknya, dan kebijakan relaksasi ini diperpanjang sampai dengan Maret 2022 nanti," jelasnya.

Upaya pemberdayaan UMKM ini juga dilakukan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan melakukan Festival UMKM dan Pariwisata Digital bertajuk "Pesona Bumi Tambun Bungai" untuk mendorong perubahan perekonomian ke arah digitalisasi industri 4.0 hari ini.

"Dalam rangka digitalisasi UMKM, selain OJK juga Bank Indonesia juga melakukan upaya membantu pelaku UMKM ini. Bank Indonesia kan hari ini akan me-launching website UMKM yang khusus di Kalimantan Tengah, OJK juga punya website UMKM yang untuk seluruh Indonesia," tutur Otto lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru