Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kiat Membuat Beton Kuat untuk Hunian Anda

  • Oleh ANTARA
  • 24 Juni 2021 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Beton merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan, misalnya digunakan untuk pondasi, atap dak beton, tembok, tiang, hingga pembatas lantai karena kemampuannya yang tahan berat, suhu tinggi dan korosi.

Namun beton yang retak tidak bisa dibentuk kembali, sehingga diperlukan pembuatan beton yang kuat dan tahan lama sehingga tak mudah roboh.

Aquaproof dalam siaran pers, Kamis, menjelaskan beberapa kiat membuat beton yang kuat. Namun sebelum menuju ke sana, harus dipahami bahwa beton dibentuk dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar) dengan komposisi tertentu.

Beton bisa diperkuat dengan besi atau baja (beton bertulang) dan ada juga jenis beton yang dicetak dengan ukuran dan bentuk tertentu sebelum dibawa ke lokasi konstruksi (pracetak/precast).

Pertama, sebelum memulai konstruksi bangunan baru atau menyambung beton, pengguna harus memilih bahan-bahan pembentuk beton antara lain semen, air, pasir, kerikil; kemudian ditambahkan obat beton (betonmix).

Betonmix merupakan cairan bening siap pakai dengan kandungan superior plasticizer technology guna meningkatkan kualitas adukan beton. Cairan obat beton, menurut Aquaproof, tersedia dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg.

Selain membuat beton tidak tidak keropos, Betonmix juga dapat menaikkan mutu beton sebab dapat mengurangi penggunaan air, sebab semakin banyak air yang dipakai maka kekuatan beton menurun.

Penambahan obat beton tersebut dapat mengurangi penggunaan air hingga 30 persen dari kebutuhan air normal, sehingga berpengaruh pada peningkatan kekuatan beton hingga 20 persen setelah bangunan itu berumur 28 hari.

Mempercepat pengerasan

Penggunaan Betonmix juga juga mempercepat pengerasan dalam 7-14 hari, atau memiliki daya tekan yang setara dengan beton berumur 28 hari.

Selain mempercepat pengerasan, penggunaan cairan itu juga mempermudah pengecoran karena memiliki daya alir yang lebih baik dari air biasa, sehingga mempermudah pengerjaan kontruksi di area yang luas.

Berita Terbaru