Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI: Pandemi Pengaruhi Permintaan Produk UMKM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 Juni 2021 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Bank Indonesia (BI) menilai pandemi Covid-19 telah memukul hampir seluruh sektor ekonomi, termasuk juga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dampak nyata yang kita saksikan bersama dari Pandemi Covid-19, terutama pada awal-awal pengumuman oleh Presiden Joko Widodo adalah, turunnya permintaan terhadap produk UMKM dan jasa pariwisata daerah,” tutur Kepala Perwakilan BI Kalteng, Rihando di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis, 24 Juni 2021.

Ia menyampaikan berdasarkan rilis PDRB Badan Pusat Statistik, ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan I-2021, kembali mengalami kontraksi sebesar 3,12 persen (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan triwulan sebelumnya sebesar -2,10 (yoy).

“Secara sektoral, kontraksi utamanya didorong oleh Lapangan Usaha Pertambangan dan Lapangan Usaha Administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial,” tutur dia.

Selain itu, lanjutnya, penurunan kinerja juga terjadi pada Lapangan Usaha konstruksi sebagai salah satu dampak dari permasalahan transisi perubahan sistem anggaran, pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kemendagri.


“Demikian halnya pada LU Perdagangan, juga tumbuh negatif sejalan dengan konsumsi Rumah Tangga yang masih belum kuat,” tambahnya.

Ia juga melihat perlambatan ekonomi pada triwulan I-2021 tertahan oleh, pertumbuhan positif pada beberapa Lapangan Usaha yaitu Industri pengolahan.

Selain itu ada juga sektor Pertanian, Pengadaan listrik dan gas, Informasi dan komunikasi, Jasa kesehatan, Jasa keuangan dan asuransi dan beberapa sektor lainnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru