Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabupaten Kapuas Jadi Percontohan Pembentukan Puskesos dan SLRT di Indonesia

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Juni 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial Kabupaten Kapuas menyosialisasikan pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT).

Dalam sosialisasi pembentukan Puskesos SLRT, Kabupaten Kapuas ditunjuk sebagai proyek percontohan dari 140 kabupaten dan kota se-Indonesia yang difasilitasi Dirjen Pemberdeyaan Sosial Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan menyampaikan tujuan sosialisasi yaitu untuk memberikan informasi melayani keluhan pengaduan masyarakat terkait pelayanan sosial serta Puskesos SUTR, terlebih akses data yang terintegrasi dengan pemerintah daerah melalu OPD yang terkoneksi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI.

“Kami juga melatih peserta dari Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat dan Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak dan semua lokasi Puskesos SLRT pada 2021," kata Budi Kurniawan, Jumat 25 Juni 2021.

Puskesos SLRT juga akan sangat membantu masyarakat untuk mendapat informasi, hingga pengaduan dan keinginan terkait bantuan sosial.

Dia menambahkan, dipilihnya satu kelurahan dan satu desa saja, karena Selat Dalam sudah memiliki program patuh salam sebagai cikal bakal terkoneksi dengan Puskesos-SLRT. Demikian juga Desa Saka Lagun, pemerintah desanya sangat aktif untuk verifikasi dan validesi datu BPKS pada 2020.

"Kami berikan penghargaan bagi mereka untuk mengikuti Puskesos SLRT dengan pertimbangan, Kelurahan Selat Dalam aktif melakukan pelayanan satu pintu, begitu juga Desa Saka Lagun dalam keaktifan mereka verifikasi dan validasi data,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru