Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Himba Kahui Akan Dijadikan Kawasan Wisata Hutan

  • Oleh Hendri
  • 25 Juni 2021 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya akan membangun kawasan hutan kota, Himba Kahui di Jalan Tjilik Riwut Km 4 tepatnya di belakang lapangan Golf Isen Mulang sebagai kawasan wisata hutan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, wisata hutan dibangun dengan tetap mempertahankan keasrian hutan dan menjaganya tetap hijau.

"Rencananya di dalam hutan dibuat jalur untuk jalan kaki, karena jalur menuju lokasi mudah dan setiap hari ada aktivitas masyarakat yang olahraga," katanya, Jumat 25 Juni 2021.

"Jalur yang akan dibangun juga dibuat hanya menggunakan timbunan tanah tanpa diaspal. Kalau diaspal nanti hilang nuansa hutannya," imbuhnya.

Hutan di dalam kota  seluas 1.600 Hektare, itu akan dikelola pemerintah untuk melakukan penanaman berbagai jenis pohon lindung hingga klaster tanaman gambut.


Dalam pengelolaannya pemerintah juga menggandeng berbagai stakeholder agar terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Upaya pelestarian pertama dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin sebagai tanda keberadaan hutan kota yang ditetapkan sejak 2010 silam. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru