Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Harapkan Peran Semua Pihak Pertahankan Eksistensi Budaya

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Juni 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati mengharapkan peran semua pihak dalam mempertahankan eksistensi budaya daerah.

Menurutnya, untuk menjaga setiap budaya yang menjadi ciri khas daerah, perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak maupun kaum muda dengan keterlibatan peran orangtua maupun dunia pendidikan.

"Eksistensi budaya yang kita miliki harus tetap ada dan jangan sampai hilang tergerus perkembangan zaman. Ini memerlukan peran semua pihak dalam melestarikannya," kata dia, Jumat, 25 Juni 2021.

Dia menjelaskan, mengenai peran orang tua dalam mengajarkan budaya kepada anak-anaknya semenjak dini bisa dilakukan dengan bercerita dan permainan tradisional. Bukannya memberikan gadget atau smartphone.

Selain itu, di dunia pendidikan setiap sekolah bisa memperkenalkan budaya kepada peserta didik melalui cerita sejarah kebudayaan, bahasa daerah, adat istiadat, seni tari, maupun segala hal yang menyangkut budaya Bumi Tambun Bungai.

Dia mengatakan, selama ini dunia pendidikan khususnya di Kalteng dalam mata pelajaran seni budaya hanya mengajarkan seni lukis atau gambar dan tari. Sedangkan, untuk yang lainnya masih kurang.

"Seharusnya, untuk menanamkan rasa cinta anak-anak kepada budaya di Kalteng ini, pengajarannya bisa dilakukan lebih luas lagi. Pasalnya, budaya kita tidak hanya satu atau dua, namun begitu banyak yang perlu kaum muda ketahui," tutupnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru