Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Tongkang Diminta Gunakan Assist Lintasi Jembatan

  • Oleh Ramadani
  • 27 Juni 2021 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Permana Setiawan meminta perusahaan pengelola tongkang agar menggunakan assist boat saat membawa muatannya dengan tongkang ketika melintasi jembatan di wilayah ini.

Apa yang dia katakan cukup beralasan karena sudah beberapa kali tiang fender yang ada di Barito Utara tertabrak oleh tongkang memuat batubara, dan baru-baru ini menimpa tiang fender atau tiang pengaman jembatan Sikan – Tumpung Laung.

“Kita sudah melihat secara langsung ke lokasi bersama Dinas PUPR kondisi tiang fender yang telah ditabrak tongkang bermuatan batu bara milik salah satu perusahaan tambang,” terangnya, Minggu 27 Juni 2021.

Dan berdasarkan informasi, bahwa musibah tersebut telah dimediasi oleh Polsek Montallat. Dimana hasilnya, perusahaan tersebut bertanggung jawab dan meminta tempo satu bulan untuk memberikan anggaran biaya material dan biaya pemancangan Kembali tiang fender atau tiang pengaman tersebut.

“Pada prinsipnya,  tidak usah mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. Karena insiden ini adalah termasuk musibah. Dan perusahaan sudah bertanggung jawab. Itu yang terpenting,” katanya.

Selain perusahaan, politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengharapkan, pemerintah daerah melalui perusda ataupun pihak ketiga agar dapat menyediakan kapal-kapal assist untuk melintasi jembatan Sikan -Tumpung Laung ini, agar dapat menjaga arah tongkang saat melintasi jembatan ini.

Tak hanya itu, dia juga menginginkan agar di lokasi sekitar jembatan tersebut dipasang rambu, lampu penerangan dan sebagainya, sehingga kecelakaan seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Berdasarkan perhitungan teknis, kerusakan atas 9 buah tiang pengaman jembatan ini mencapai angka Rp 1,4 miliar. Tiang pengaman jembatan tersebut tertabrak oleh tongkang dengan nomor lambung BG Rimas 2507 yang ditarik tugboat Ewis 16 pada Selasa 22 Juni 2021 lalu. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru