Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemerintah Naikan Harga Rotan dan Karet

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Juni 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalangan Anggota DPRD Kalteng mendorong pemerintah agar menetapkan atau menaikan harga maksimal rotan dan karet.

Pasalnya, hingga sampai saat ini, harga kedua komoditi itu masih belum stabil, sehingga masyarakat yang menggeluti usaha tersebut enggan memanen hasil produksinya.

"Saat saya melaksanakan reses beberapa waktu lalu di Kabupaten Katingan, masyarakat mengeluhkan penurunan harga rotan dan karet," ucap Anggota DPRD Kalteng, Natalia, Selasa, 29 Juni 2021.

Dia mengungkapkan, keluhan tersebut datang dari masyarakat Desa Buntut Bali, Tumbang Baraoi dan Hampalit. Sehingga, masyarakat setempat mengusulkan agar harga kedua komoditi itu bisa dinaikan.

Dikatakannya, akibat dampak dari turunnya harga rotan dan karet tersebut banyak masyarakat yang beralih keusaha lain, seperti menambang liar secara ilegal, dimana hal ini sangat dilarang dan membahayakan.


"Tentu ini bisa menjadi perhatian pemerintah kedepan, karena masyarakat hanya ingin menyambung hidup. Harus ada solusi, kebijakan maupun terobosan agar harga kedua komoditi itu bisa stabil," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru