Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Lantik Mabiran dan Kwaran Kecamatan Kapuas Kuala

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Juni 2021 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat melantik Camat Kapuas Kuala, Inop menjadi Ketua Majelis pembimbing ranting (Mabiran) kecamatan, bertempat di halaman SMKN 1 Kapuas Kuala.

Turut dilantik Korwil Bidang Pendidikan Ibramsyah menjabat Ketua Harian Mabiran, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA dan tokoh masyarakat selaku Anggota Mabiran.

Kemudian dilantik juga Ketua Kwaran berikut Andalan Ranting setempat untuk masa bakti 2021-2024, Badransyah.

Prosesi pelantikan yang ditandai dengan tanya jawab, pengucapan Trisatya, Ikrar dan penyematan tanda jabatan, dirangkai pula dengan pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka yang diikuti 42 Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP dan SMA/SMK sederajat se Kecamatan Kapuas Kuala.  

Suwarno mengucapkan terima kasih atas bantuan dan bimbingan Camat Kapuas Kuala, serta ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana dari seluruh pelatih dan Pembina Pramuka sebagai cerminan Trisatya dan Dasadarma demi suksesnya KMD yang akan berlangsung selama sepekan.

“Berdasarkan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 bahwa Pendidikan Kepramukaan merupakan Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) merupakan penanggungjawab kegiatan dan dibantu Pembina Pramuka yang telah memperoleh Sertifikat paling rendah Kursus Mahir Dasar,” kata Suwarno, Selasa 29 Juni 2021.

Sementara itu, Camat Kapuas Kuala, Inop selaku Kamabiran usai dilantik menyatakan selalu siap mendukung kegiatan kepramukaan demi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan saya agar pengurus Kwaran, Gudep dan Pembina Pramuka se Kecamatan Kapuas Kuala senantiasa meningkatkan peran sesuai tugas pokok dan fungsi sehingga bidang kesehatan, pendidikan, pertanian dan perikanan di kecamatan ini semakin maju dan berkembang," ucap Inop. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru