Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ivo Sugianto Sabran: Salah Satu Faktor Stunting karena Kesalahan Pola Asuh

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Juni 2021 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengingatkan, banyak faktor yang bisa menyebabkan stunting.

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan stunting atau kekurangan gizi kronis pada anak adalah kesalahan pola asuh yang dilakukan orang tua.

"Stunting disebabkan oleh banyak hal seperti kurangnya asupan semenjak ibu hamil hingga anak usia 2 tahun, kesalahan pola asuh," tutur Ivo Sugianto Sabran.

Selain itu, menurutnya, juga berkaitan dengan pengaruh lingkungan, kurangnya ketersediaan sanitasi yang baik atau air bersih. Ditambah lagi kurangnya sosialisasi mengenai bahaya stunting menjadi salah satu pendorong tingginya angka stunting.

 “Ini jika dibiarkan terus menerus akan berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan anak,” ucap Ivo.

 

Stunting ini juga menjadi perhatian pemerintah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Apalagi berdasarkan data, Kalteng masih mengalami triple burden, yakni stunting atau pendek, wasting atau kurus serta kelebihan gizi atau obesitas dan kekurangan gizi mikro.

 Data terakhir juga menunjukan stunting Kalteng di atas angka nasional 27 persen. Stunting Kalteng juga urutan 4 besar tertinggi di Indonesia dan nomor 5 besar untuk wasting. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru