Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sigit K Yunianto Sebut Banyak Usulan Perihal Digitalisasi pada Dana Alokasi Khusus

  • Oleh Testi Priscilla
  • 03 Juli 2021 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Se-Indonesia atau Adeksi, Sigit Karyawan Yunianto mengaku telah memberikan banyak usulan perihal digitalisasi pada Dana Alokasi Khusus atau DAK. Menurut Sigit, perihal digitalisasi ini berkaitan pula dengan kapasitas DPRD selaku wakil rakyat.

"KRISNA merupakan sistem yang transparan, akuntabel, terukur, dan berkelanjutan terkait perencanaan dan penganggaran. Namun, aplikasi ini perlu memberi ruang atau akses bagi pengawasan publik, baik dari DPRD maupun masyarakat di daerah," kata Sigit pada Sabtu, 3 Juli 2021.

Menurut Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini, penguatan literasi anggaran berbasis digital perlu untuk dilakukan.

"Daya serap rendah terkait DAK selama ini, menurutnya juga dipengaruhi persoalan informasi yang asimetris, baik di kalangan pemda dan DPRD maupun masyarakat dan stakeholders terkait di daerah," tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa optimalisasi alokasi DAK dapat dilakukan salah satunya melalui pemanfaatan maksimal digitalisasi ini.

"Karena itu, dalam rangka optimalisasi alokasi DAK, Pusat dan Pemda mesti memiliki program literasi anggaran berbasis digital," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru