Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dugaan Penyebab Tongkang Milik PT Korindo Meledak

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Juli 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Beberapa warga yang berada di sekitar lokasi ledakan tongkang milik PT. Korindo di pinggiran Sungai Arut, Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin, 5 Juli 2021 menduga ledakan ini terjadi akibat pengerjaan pengelasan bagian badang tongkang.

Karnadi warga RT 11B Kelurahan Mendawai yang rumahnya mengalami kerusakan akibat ledakan ini, mengatakan peristiwa ini sebelumnya juga pernah terjadi sekitar tahun 90an.

"Dulu kejadian ledakan akibat proses pengelasan juga. Nah, bila dibandingkan dengan kejadian yang terjadi saat ini, kondisinya hampir sama," jelas Karnadi.

Karena, menurut Karnadi, spenegtahuannua tongkang tersebut berisi bahan kimia untuk pengerjaan produksi plywood.

"Isinya bahan kimia, kemungkinan phenol dan formalin. Nah bahan kimia ini, bila terkena api pastinya bakal terbakar," jelas Karnadi.

Berdasarkan informasi dari salah seorang anggota Damkar Kobar Rizky Dwi Fachrozy mengatakan terdapat satu korban tewas dan luka akibat peristiwa tersebut.

"Korban tewas dalam kejadian tersebut diduga pekerja yang berada di tongkang. Diduga ia terpelanting akibat ledakan ini dan jatuh sekitar 30 meter dari tongkang tersebut. Pakaian korban hancur dan sepatu safety yang dikenakannya sampai jebol. Sedangkan satu korban luka mengalami luka bakar di bagian tangan," jelas Rizky. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru