Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serpihan Besi Tongkang Meledak Terpental hingga Seberang Sungai Arut

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Juli 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Akibat ledakan tongkang milik PT. korindo Ariabima Sari, Kelurahan Mendawai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin, 5 Juli 2021 sekitar pukul 10.00 WIB, serpihan besi dari tongkang tersebut sampai terlempar jauh hingga hampir ke bagian seberang sungai Arut di Kelurahan Mendawai Seberang.

Menurut Dadang warga setempat, banyak warga yang melihat serpihan tongkang yang meledak terpental ke udara dan melayang hingga keseberang sungai dengan perkiraan jarak lebih dari 100 meter.

"Jamban warga sampai hancur. Belum lagi, akibat getaran yang ditimbulkan menyebabkan banyak rumah warga yang rusak," jelas Dadang.

Karnadi, warga RT 11B yang rumahnya mengalami kerusakan akibat ledakan ini mengatakan diduga ledakan ini akibat pengerjaan pengelasan yang dilakukan di tongkang tersebut.

"Biasanya tongkang tersebut berisi bahan kimia formalin yang digunakan untuk pembuatan plywood oleh perusahaan itu. Nah formalin ini adalah bahan yang mudah terbakar. Diduga ada percikan api yang menyambar uap dari formalin tersebut," jelas Karnadi.

Biasanya, menurut Karnadi, bila pekerja bermaksud mengelas bagian tongkang, maka didalamnya diisi air terlebih dahulu agar lebih aman.

"Tapi kami perhatikan sepertinya tongkang tersebut tidak diisi air. Lantaran ketinggian bagian badan kapal yang masuk kedalam air tidak sedalam bila kondisinya diisi air," jelas Karnadi. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru