Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Tamiang Layang Siapkan Kemandirian Warga Binaan dengan Aneka Jenis Usaha

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Juli 2021 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rumah Tahanan Negara atau Rutan kelas IIB Tamiang Layang melakukan pembinaan kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan atau WBP dengan mengelola beberapa jenis usaha di dalam kompleks rutan.

Kepala Rutan Tamiang Layang, Surya Dharma mengatakan pembinaan kemandirian dan ketrampilan bagi WBP dilakukan dengan tujuan setelah mengakhiri masa pidana, mereka dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri.

"Sehingga mereka memiliki kontribusi yang baik di tengah keluarga dan masyarakat. Meskipun pembinaan ini membutuhkan waktu yang lama namun seiring dengan berjalannya masa pidana, warga binaan dapat menjalani proses dengan baik dan nanti bisa kembali berbaur di dalam masyarakat," ujar Surya di Rutan Tamiang Layang, Rabu, 7 Juli 2021.

"Dengan keterampilan yang memadai meski dengan modal yang terbatas, nanti ketika mereka sudah bebas mereka tetap dapat mandiri," imbuhnya.

Dia berharap usaha yang dijalankan WBP di dalam rutan ini juga dapat didukung oleh masyarakat Barito Timur, karena keuntungan dari penjualan produk hasil karya WBP, 50 persen diberikan bagi WBP, 30 persen sebagai penerimaan negara bukan pajak atau PNBK serta 20 persen untuk modal usaha lagi.

"Masyarakat yang membutuhkan produk atau jasa dari kegiatan pembinaan kemandirian WBP ini bisa langsung datang ke rutan," jelasnya.

Penanggung jawab pembinaan kemandirian di Rutan Tamiang Layang, Debi Eka Faisambas mengungkapkan, jenis usaha yang dikelola WBP saat ini yaitu batik tulis, deco atau pengecatan kendaraan, meubelair, pertanian, budidaya ikan cupang serta pembuatan akuarium.

"Silahkan kalau ada yang mau cat airbrush sepeda motornya atau juga yang ingin dibuatkan perabotan rumah tangga dari kayu serta memesan akuarium beserta ikan cupang, warga binaan kami bisa melayani," ujarnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru